Friday, August 24, 2012

Umbrella Bounce Flash

Bounce Flash dalam pembahasan sebelumnya adalah memantulkan Cahaya Flash ke media sekitar kita, umumnya Tembok/Langit-Langit.

Hal tersebut memiliki beberapa keterbatasan dan sangat tergantung pada lokasi dan warna tembok/langit-langit yang mungkin tidak cocok sebagai media pemantul.

Black/White Umbrella Bounce Flash

Umbrella/Payung dalam dunia fotografi sangat mungkin dijadikan alternatif sebagai media pemantul cahaya yang baik, mudah digunakan, dan tentu saja mudah ditempatkan sesuai keinginan kita.

Payung yang digunakan dalam praktek ini adalah black/wihte, bagian dalam berwarna putih di bagian luar berwarna hitam sehingga cahaya yang dihasilkan adalah cahaya pantulan yang cukup halus dan shadow yang halus pula.

Kekuatan cahaya dari flash tentu saja berkurang kekuatannya beberapa f/Stop (tergantung kualitas bahan). Payung yang saya gunakan kebetulan memotong kekuatan cahaya hingga 2Stop. Hal tersebut saya dapatkan berdasarkan percobaan menggunakan Flash Vivitar 285HV yang sudah saya ketahui kekuatannya GN 31 at ISO 100 (Full-Power). Berdasarkan jarak Flash ke Subyek (distance) 2.8m dihasilkan persamaan berdasarkan rumus Manual Flash:

f/stopNumber = GN / distance(meters)
<=> f/stopAperture = GN / distance(meters)
<=> f/stopAperture  = 31 / 2.8
<=> f/11 pembulatan, Direct-Flash

Setelah dipantulkan ke Payung Hitam-Putih kekuatannya turun 2Stop menjadi f/5.6.

No comments:

3. USB Modem Smartfren EC176-2 - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

Setelah sukses Install OpenWrt Standar sebagai HotSpot, lanjut install Usb Modem Smartfren EC176-2 secara Off-Line. Berikut langkah-langkah...