Wednesday, April 01, 2015

3G Wireless Router - Huawei HG553

Setelah bosen sharing2 koneksi Internet dari Laptop ke Laptop/Gadget lain "Membuat Windows 7 Sebagai WIFI Access Point", ditambah kehadiran Gadget Baru HP 7 VoiceTab Bali Edition... Kenapa ngak dari dulu beli 3G Router yah???

Browsing2 di Online Store dan pertimbangan harga serta kelengkapan, pilihan jatuh ke HUAWEI HG553 Bundling dari Vodafone Spanyol.
Huawei-HG553
Dengan Harga < 200rb udah punya Home Wireless Router dengan spec yang lumayan untuk kelas rumahan: 
  • ADSL Modem
  • 2 USB port (1 untuk USB Modem, 1 nya lagi bisa dipake Sharing Printer, Sharing USB Drive, dan perangkat USB lainnya spt WebCam kl pake OpenWrt)
  • 4 Port Etehernet LAN RJ45
Walaupun konon katanya Signal Wifi nya tergolong kelas Menengah jadi ngak kuat2 amat. Sejauh ini pernah test 3hari berturut ngak dimatiin masih jalan baik-baik ajah dan cuma berasa anget, ngak sampai panas yang ngak wajar.

Balik lagi ke kisah awal, baru ajah megang yang namanya Router. Masih dengan Firmware bawaan, coba colok Modem Smartfren EC176-2 / AC2726 / CE682 bolak balik & gonta ganti Firmware berbagai versi dan Custom ngak bisa konek juga...

Asli deh awalnya selain dibikin pusing ama neh Router, juga dikasih banyak pelajaran yang sebelumnya banyak ngak ngerti tentang Wireless & Router.

Searching2 lagi cm ada satu harapan sebelum di banting wkwkwkkwkw Yes... Ganti Firmware pabrikan dengan OpenWrt. OpenWrt adalah Firmware / OS OpenSource untuk Router dengan berbagai kelebihan yang menjanjikan. Namanya juga OpenSource yah suka2 yang ngembangin alias ngak perlu mikirin pertimbangan Merk/Industri/Dagang...

OpenWrt ini berbasis Linux, buat yang minimal pernah menyicipi x-terminal linux pasti ngerti… (buat yg pahamnya sedikit mungkin ngerti betapa ribetnya, buat yang pahamnya banyak pasti jadi makanan EMPUKKKK).

Setelah beberapa kali ujicoba dari beberapa custom bundle, akhirnya coba dari awal menggunakan versi terakhir Barrier Breaker 14.07 langsung dari http://openwrt.org, berikut langkah-langkahnya:
  1. Install OpenWrt Barrier Breaker 14.07 di Huawei HG553
  2. Setting Wifi Sebagai Hotspot - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553
  3. Install USB Modem Smartfren EC176-2 (Off-Line) - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

No comments:

3. USB Modem Smartfren EC176-2 - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

Setelah sukses Install OpenWrt Standar sebagai HotSpot, lanjut install Usb Modem Smartfren EC176-2 secara Off-Line. Berikut langkah-langkah...