Friday, August 24, 2012

Di Atas Roxy-Mas

Experimen meng-expose panorama langit pada waktu sore menjelang malam “Sun-Set” sebagai background dari Portrait Photography.

Semua teknik yang digunakan merupakan praktek dari pembahasan-pembahasan sebelumnya mengenai Exposure Metering Kamera, dan Manual Flash.

The Megapolutan Man

"Pada Foto diatas subyek/model sedang duduk di atas mesin-outdoor AC yang sekilas mirip dengan gedung-gedung bertingkat yang ada dibelakangnya"

Teknik eksekusi dengan mempermainkan level EV pada kamera sehingga indikator menunjukan EV(-1) untuk mendramatisir kondisi langit berawan dan matahari yang hampir tenggelam.

Untuk menerangi objek sbg model di tambahkan sebuah Flash Vivitar 285HV yg di picu dengan wireless transmiter PT-4 TM dan seorang teman sebagai pengganti light stand.

Pengukuran Metering Kamera pada saat itu untuk nilai Exposure (EV 0) didapatkan berdasarkan:

  • ISO 100
  • Shutter-Speed 1/125s yang sengaja di dipatok untuk penggunaan Flash (Manual Flash)
  • Aperture f/11

Untuk mendapatkan efek dramatis dari langit dan awan maka EV saya turunkan menjadi EV -1 dengan mempersempit Aperture 1Stop menjadi f/16. Maka foto secara keseluruhan akan menjadi lebih gelap dan subyek/model menjadi siluet.

Tugas saya selanjutnya adalah bagaimana membuat subyek/model (selain background langit) menjadi terang. 

Saya perlu mengiluminasi subyek/model dengan bantuan sumber cahaya Flash sebesar f/16 yang secara khusus di arahkan hanya untuk menerangi subyek/model. Saya menggunakan Vivitar 285HV yang mempunyai GuideNumber 31 at ISO 100 in meter Full-Power.

Teknis perhitungan Manual Flash adalah:
f-stopNumber = GN / distance
<=> distance = GN / f-stopNumber
<=> 31/16
<=> 1.9m

Flash diletakan +/- 45derajat ari arah depan atas model. Lebih kurang seperti itulah teknik yg diterapkan pada foto-foto dalam tulisan ini. 

Untuk kasus tertentu bisa saja EV -1 kurang bisa mendramatisir langit berawan. Untuk itu kita bisa turunkan lagi EV menjadi  EV -2.

Satu hal yang sangat disayangkan pada saat itu tidak terfikirkan untuk membuat dokumentasi saat pemotretan, jadi saya tida bisa menyajikan perbandingan foto sebelum dan sesudah terjadi perubahan EV maupun sebelum dan sesudah menggunakan Flash.




No comments:

3. USB Modem Smartfren EC176-2 - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

Setelah sukses Install OpenWrt Standar sebagai HotSpot, lanjut install Usb Modem Smartfren EC176-2 secara Off-Line. Berikut langkah-langkah...