Friday, August 24, 2012

Depth of Field

Depth of Field disingkat DOF, adalah seberapa jauh kedalaman bidang fokus dalam foto. Pada saat kita memotret sebuah subyek dan fokus pada subyek tersebut biasanya terdapat  SELISIH ketajaman antara subyek dengan benda-benda yang ada disekitar yang lebih jauh/dekat jaraknya dari kamera dibandingkan subyek yang kita foto.

DOF dipengaruhi oleh beberapa unsur pada saat pemotretan:
  • Dalam beberapa kasus bisa saja kita menginginkan seluruh benda dalam sebuah foto yang sama ketajamannya (Landscape/Hamparan pemandangan alam), disebut Large DOF. Untuk itu gunakan Aperture(f) sempit contohnya f/22.
  • Atau sebaliknya kita menginginkan sebuah benda dalam sebuah foto lebih tajam dibandingkan benda-benda sekelilingnya (Portrait/Pose seorang model dengan background blur/Macro), disebut Shallow DOF. Untuk itu gunakan Aperture(f)lebar contohnya f/2.8.
  • Focal Length dari lensa yang digunakan, umumnya lensa dengan Focal Length 15mm-40mm (Wide) akan lebih mudah mendapatlan  Large DOF.  Sebaliknya untuk 70mm-400mm (Tele) akan lebih mudah mendapatkan  Shallow DOF. 
  • Selain dipengaruhi Aperture & Focal Length, DOF juga dipengaruhi oleh jarak antara kamera dengan subyek, jarak antara subyek dengan background  

Perbandingan 4 foto dengan Aperture berbeda per 2 Stop

Untuk penjelasan Aperture(f) silahkan baca tulisan sebelumnya Exposure.
Ada satu istilah yang umum dipakai dalam fotografi terkait > Shallow DOF yaitu BOKEH, singkatan dari “Blur Okeh” yang dipopulerkan oleh orang jepang.



No comments:

3. USB Modem Smartfren EC176-2 - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

Setelah sukses Install OpenWrt Standar sebagai HotSpot, lanjut install Usb Modem Smartfren EC176-2 secara Off-Line. Berikut langkah-langkah...