Friday, August 24, 2012

Esia MAX-D AirFlash AHA007

Harga yang sangat murah untuk sebuah modem berkualitas cukup baik (Rp 99ribu). Bundling dari Esia Max-D, Tetapi tunggu dulu sebaiknya teliti sebelum membeli apalagi menyangkut sebuah layanan yang diharapkan bisa dipakai sehari-hari dalam jangka waktu yang relatif lama.

Pertama kali Aktivasi paket ini cukup mudah hanya standar registrasi ke 4444 dan registrasi paket bonus internet ke Esia.

Paket Modem AH007

Dalam paket penjualannya Esia memberikan sebuah Modem salah satunya Air Flash - AH007, modem yang cassingnya cukup kokoh simple dan berwarna putih kinclong. Juga Bonus Quota 50MB internet / masa aktif 30hari. Sabar jangan senang dulu karena 50MB itu sedikit untuk pemakaian internet di PC. Ini Quota lho bukan FUP (Fair Usage Policy) yang mayoritas diterapkan pada paket Internet yang di jual operator GSM.


Berikut perbedaan Quota yang diterapkan Esia dengan FUP:
  • Quota adalah batas pemakaian internet kita dalam satuan MB/GB dan jika Quota habis maka jatah pemakaian internet kita pun HABIS sekalipun masa berlaku internet tersebut masih ada.
  • FUP adalah batas pemakaian internet kita dalam satuan MB/GB. Jika telah mencapai batas FUP kita masih bisa menggunakan internet selama masa berlakunya belum habis dengan konsekwensi kecepatan diturunkan sesuai ketentuan Provider/Operator.

Pada saat mencoba Koneksi Esia Max-D memang cepat dan sinyal yang stabil sayang belum sempat di test dengan SpeedTest Quota keburu habis. Dan Modem ini tidak cepat panas.

Tadinya berniat membeli paket yang disediakan tetapi setelah melihat lihat paketnya dan pertimbangan pemakaian harian akhirnya pemeblian paket dibatalkan. Lihat saja tabel dibawah ini:

Paket Internet

Paket utama untuk koneksi internet adalah A dan B lihat perbedaannya dari keterangan dibawah ini:
"

Bagaimana jika kuota paket yang saya miliki telah habis, apakah masih bisa digunakan?

Apabila pemakaian sudah melebih kuota, maka Bapak/Ibu akan diarahkan ke halaman esia max-d yang menginformasikan kuota paket telah habis, dan disarankan untuk memilih paket internetan lainnya. Dan pastikan saldo mencukupi agar dapat mendaftarkan Paket Internetan lainnya atau Bapak/Ibu dapat mendaftarkan paket ekstra untuk menambah kuota yang diinginkan dan masa aktif akan mengikuti paket internet yang sedang berlaku.
Catatan : - Paket Fantastis berlaku Fair Usage Policy (FUP), jika kuota sudah melebih dari Paket kuota yang ditentukan, maka kecepatan akan turun sampai dengan 64Kbps.
"

Kesimpulan:

Untuk yang terbiasa dengan budget FUP 1-2GB dari GSM dengan kiasaran harga 50-100rb apalagi yang terbiasa menggunakan True Unlimited produk CDMA-EVDO milik tetangganya yang dipatok 45rb dan 90rb, saya fikir cukup mencemaskan jika kita mengalokasikan dana internet untuk sebulan apalagi jika dipakai bergantian dengan anggota keluarga yang lain.

Jika anda berani meng-anggarkan 200rb/bulan saya rekomendasikan menggunakan paket "Fantastis Monthly" dengan limit 10GB(sangat besar) dan kecepatan dan sinyal yang rata2 lebih bagus (cakupan BTS Esia sudah banyak bahkan sampai ke pelosok daerah).

Saya pribadi sebagai pengguna aktif internet sehari2 lebih memilih tetap bertahan dengan produk tetangga sesama CDMA-EVDO dengan paket Unlimited 45rb-90rb/bulan (sekalipun 2-3bulan terakhir ini sinyal sering tidak stabil di area kodya bandung bag selatan). Alasannya saya tidak terlalu sering dan butuh-butuh amat kecepetan tinggi tetapi tiada hari tanpa internet di PC. Kalaupun harus beralih ke paket tentu saja lebih memilih paket FUP bukan Quota.

Pepatah teman saya orang PADANG "ADA HARGA ADA RUPA", ya memang begitulah harga internet belum murah-murah amat di Indonesia ini. Dari jaman saya masih bekerja salahsatu di provider internet via saluran telepon rumah s/d sekarang jamannya Mobile Broadband. Internet memang sudah meluas dan terjangkau dengan paket-paket seadanya tentu saja.

No comments:

3. USB Modem Smartfren EC176-2 - OpenWrt 14.07 di Huawei HG553

Setelah sukses Install OpenWrt Standar sebagai HotSpot, lanjut install Usb Modem Smartfren EC176-2 secara Off-Line. Berikut langkah-langkah...